Minggu, 30 Oktober 2016

Kesenjangan Sosial Masyarakat Malang Dipamerkan




Tugas Ilmu Sosial Dasar 5


Evi Dwi Meliana


12116411


1KA08





Metrotvnews.com, Malang : Pembangunan kota seringkali hanya menonjolkan sisi artistik dan estetika semata tanpa mempertimbangkan faktor sosial masyarakat. Seperti yang dipamerkan dalam sejumlah potret hasil karya Komunitas Kalimetro Malang.

Pameran foto bertajuk Kota dan Kesenjangan ini menampilkan potret kondisi masyarakat dalam menjalani hidup di tengah perkotaan. Sebanyak 20 hasil bidikan fotografer terbaik tentang masyarakat Kota Malang pun ditampilkan.
Ketua Pelaksana Yogi Fachri Prayoga menyatakan pameran ini sebagai bentuk kritik sosial kepada pemerintah serta untuk menarik empati masyarakat luas.

"Setiap pembangunan di perkotaan kerap mengesampingkan hak-hak orang lain," kata dia, Rabu (27/4/2016).

Hampir di setiap sudut perkotaan, di sekitar kompleks pembangunan megah terdapat pengemis dan masyarakat kecil yang mengadu nasib. Padahal, pembangunan sebuah kota haruslah membawa dampak positif bagi masyarakatnya.

Fotografi, jelas dia, tidak sekadar bicara keindahan, tetapi bisa menjadi alat kampanye masalah-masalah sosial. Sebab, pembangunan tidak hanya soal fisik melainkan bicara kemanusiaan.

"Semisal pembangunan taman secara fisik sangat bagus, tapi sebagian orang merasa tidak nyaman. Tidak ada ruh dan aktivitas sosialnya," ungkap dia.


Opini :
Menurut saya banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemecahan kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk pemecahan masalah kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia:

1. Meminimalis (KKN) dan memberantas korupsi dalam upaya meningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah telah membentuk suatu lembaga yang bertugas memberantas (KKN) di Indonesia. Indonesia telah mulai berbenah diri namun dalam beberapa kasus soal korupsi KPK dinilai masih tebang pilih dalam menindak masalah korupsi. Misalnya kasus tentang bank century belum menemukan titik terang dan seolah-olah mengakiri kasus itu. Pemerintah harus selalu berbenah diri karena dengan meminimaliskan (KKN) yang terjadi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan dana yang ada.

2. Meningkatkan sistem keadilan di Indonesia serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap mafia hukum. Masih banyak mafia hokum merajarela di Indonesia itu yang semakin membuat kesenjangan sosial di Indonesia makin mencolok.
Keadilan saat ini sangatlah sulit untuk ditegagakkan bagaimana tidak! Seorang koruptor ditahan namun semua fasilitas sudah tercukupi di dalam ruang tahanan. Sedangkan bagaimana dengan nasib seorang masyarakat kecil yang hanya mencuri ayam misalnya, mereka melakukan dengan seenak mereka kadang juga mereka menyiksa dengan tidak prikemanusiaan. Hal ini sangatlah menunjukkan kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah mencolok antara pihak kaya atau pihak yang mempunyai penguasa antara rakyat kecil atau orang miskin.


Solusi :

Dengan banyaknya permasalahan yang terjadi akibat kesenjangan sosial seperti tingginya kriminalitas, karena kemiskinan, kurangnya lapangan kerja. Maka pemerintah benar-benar diharapkan ikut andil dalam masalah ini. Pemerintah harus menegakkan hukum yang berlaku dan memberantas Kesenjangan Sosial agar terciptanya masyarakat yang sejahtera.


Sumber :



Link Gunadarma :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Mouse Deer and The Crocodile

Tugas Softskill (Bahasa Inggris Bisnis 2) berupa voiceover recording dari sebuah cerita narasi berjudul “ The Mouse Deer and the Crocodil...